Sekarang saya akan menulis tentang Dropbox, apa itu Dropbox, dan keuntungan memakai Dropbox. Dropbox adalah layanan cloud yang memberi akses kepada kita untuk menyimpan gambar, dokumen, video, dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau deviece lainnya yang memakai aplikasi dropbox.
Gampangnya begini, dengan dropbox kita bisa menyimpan file yang sudah kita buat di komputer kantor tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Jadi setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget kita yang memakai dropbox juga. Syarat pertama untuk memulainya anda harus memiliki akun dropbox terlebih dahulu.
Daftar Dropbox di sini.

Cara menginstall Dropbox

Setelah kita mendaftar, kita harus mendownload aplikasi dropbox terlebih dahulu. Download dropbox di sini, setelah itu kita akan mulai menginstallnya.

Daftar Dropbox
Daftar Dropbox

Pilih bagian “I already have Dropbox account“, kita sudah mendaftar itu sebelumnya. Lalu login dengan akun yang Anda buat sebelumnya.

Install Dropbox
Install Dropbox

Install Dropbox seperti Anda menginstall program kebanyakan, simpan dropbox di C:, atau pilih “Typical, setup dropbox with normal setting“.

Pilih Storage
Pilih Storage

Dropbox memberikan storage cuma-cuma hanya 2GB, tetapi anda bisa menambahnya denga mengupgrade. Saran saya maksimalkan dulu yang 2GB, lalu setelah itu baru Anda upgrade.

Cara Memakai dan Setting Dropbox

Setelah berhasil menginstall Dropbox, kita bisa menambahkan folder dan berbagi dengan teman Anda tanpa harus melakukan cara yang ribet. Kita hanya perlu invite teman ke folder kita, lalu file yang kita simpan di folder tersebut akan otomatis ada di komputer teman Anda. Dengan syarat teman anda memakai Dropbox dan online.
Untuk berbagi folder caranya, login ke website Dropbox. Lalu anda buat sebuah folder di sana, maka folder akan otomatis ada di komputer Anda yang memakai Dropbox. Klik kanan folder itu maka akan ada beberapa pilihan, pilih Shared folder options. Masukan email Dropbox teman anda dan begitu teman anda menyetujuinya maka Anda sudah tersinkronisasi dengan teman Anda.
Lalu bagaimana caranya untuk berbagi file tanpa harus share folder, seperti mediafire lah? hebatnya Dropbox bisa melakukan itu tanpa kita harus login ke website, men-upload, dan dan meng-copy link. Dan orang yang men-download pun bisa mendownload-nya secara langsung (direct). Caranya, kita tinggal taruh file kita di folder Public. Lalu kita klik kanan file yang simpan dan pilih Dropbox > Copy public link.


Dengan menyimpan file kita di Dropbox, kita tidak perlu khawatir lagi jika hardisk kita tiba-tiba rusak. Dropbox menjamin bahwa file yang disimpan di sana akan tetap aman. Yang paling hebat, dropbox memberikan fasilitas undo untuk mengatasi bila mana file yang Anda simpan tidak sengaja terhapus.

Like This Story? Please Share!