PANITIA PELAKSANA
PEMUTARAN FILM DOKUMENTER SANG PENCERAH
PIMPINAN CABANG
IKATAN PEL AJAR MUHAMMADIYAH WARU (IPM)
BEKERJASAMA DENGAN
IKATAN MAHASISWA PAMEKASAN (IMAPASA)
UNIVERSITAS MUHAMMADIAH MALANG
Jln. Raya Waru Tamberu Kompleks LPI Muhammadiyah SD plus & MD Al-Islah, Waru Pamekasan 69353
Cp 081 858 70 89
A.     DASAR PEMIKIRAN
Sejak Kelahirannya IPM telah mendeklarasikan diri sebagai organisasi kader, wadah dimana kaum pelajar islam melakukan pergulatan intelektual, serta dialektika kepemimpinan agar agar kelak memiliki kemampuan memimpin muhammadiyah, Ummat, dan Bangsa. Mengingat keberadaan Muhammadiyah, umat islam, serta bangsa Indonesia sangat memerlukan tampilnya figur- figur muda yang tidak hanya berkemampuan secara intelektual dan managerial tetapi pula memiliki integritas moral dan agama yang dapat diandalkan untuk dapat memimpin perubahan.
Ideologi Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam, amar makruf dan nahi munkar. Dakwah Muhammadiyah adalah dakwah yang merangkul dan merengkuh siapa pun yang peduli Islam, peduli Quran-Sunnah. Dakwah Muhammadiyah mengajak siapapun untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Sehingga umat ini menjadi khaira ummat, bersih dari penyakit dan daki-daki yang mengotori Dinul Islam, misalnya TBC (Takhayyul, Bid’ah dan Khurafat), SEPILIS (Sekularisme, Pluralisme dan Liberalisme), yang muncul dengan baju kemodernan, maupun penyakit yang lebih berat, sebagai akibat dari TBC dan SIPILIS, yaitu AIDS (Angkuh,Iri,DengkidanSombong)
Ideologi Muhammadiyah berintikan komitmen dan konsistensi terhadap pemahaman, keyakinan dan pengamalan Islam sebagai satu-satunya agama Allah dan jalan hidup yang diridhai Allah dengan senantiasa berpegang teguh dan mengikuti dengan cermat langkah-langkah perjuangan pembawa risalah Islam, yakni Nabi Muhammad SAW. Di luar ketentuan itu tidaklah layak menyebut dirinya sebagai pengikut Muhammad atau Muhammadiyah. Penegasan ideologi ini dapat dilacak dalam rumusan penting persyarikatan: Muqaddimah Anggaran Dasar, Kepribadian Muhammadiyah, Keyakinan dan Cita-cita hidup Muhammadiyah, Khitah Perjuangan dan keputusan penting para ulama Muhammadiyah yang tergabung dalam Majelis Tarjih.
Runtuhnya komitmen dan konsistensi tersebut, telah mengakibatkan sebagian kader Muhammadiyah menjadi “rabun aqidah” dan “rabun ideologi”. Kerabunan tersebut membuat para kader Muhammadiyah menjadi salah langkah, seperti sikap yang begitu mudah memasukkan “paham lain” ke dalam tubuh Muhammadiyah dengan alasan modernisme dan keterbukaan, bahkan atas nama “TAJDID”.
Melihat realitas mutakhir yang demikian, Muhammadiyah dan para kadernya perlu melakukan terapi ideologi gerakannya, dimulai dengan “general ceck up”, sehingga diketahui betul seluruh penyakitnya yang ada. Perlu kiranya segera melakukan ionisasi dan detoksifikasi, sehingga racun-racun dalam tubuh yang mengakibatkan kebutaan dan kerabunan dapat segera dibersihkan. Setelah itu perlu dilakukan imunisasi, sehingga badan sehat, mata bersinar dan kebal terhadap berbagai penyakit.
Kader Muhammadiyah wajib mendalami maraji’ dan ilmu-ilmu syar’i yang menjadi landasan dirumuskannya ideologi Muhammadiyah melalui kajian dan pengajian yang intensif. Kuatkan dan perbanyak program Darul Arqom, Baitul Arqom dan Daurah Syar’iyyah, serta forum-forum tafaqquh fi ‘ulumiddin. Kekuatan forum-forum tersebut dan penguasaan al-‘ulum al-syar’iyyah yang mendalam, dan wawasan yang luas mengenai realitas sosial (al-fiqh al-waqi’iy), akan melahirkan kader-kader kokoh dan tidak mudah diserang kerabunan apalagi kebutaan. Dengan kuatnya pribadi kader dan pimpinan, Muhammadiyah akan terus memiliki daya survive, daya tarik dan daya panggil yang tinggi dan tidak mudah digerogoti oleh kekuatan manapun.

Kepada kader yang terjun di partai Islam, lebih-lebih yang menamakan dirinya “partai dakwah”, tetaplah istiqomah dengan dakwah amar makruf nahi munkar. Partai dakwah mestinya melakukan sinergi gerakan bahkan memperkuat elemen ormas dakwah yang ada, termasuk Muhammadiyah. Partai dakwah, jangan menggusur dan mendeligitimasi ormas dakwah yang ada. Di beberapa tempat kondisi ini dirasakan oleh warga Muhammadiyah.
 Untuk itu, sebagaimana pesan KH Ahmad Dahlan, terjunlah kamu ke mana saja, jadilah guru kembalilah ke Muhammadiyah, jadilah insinyur, dan seterusnya termasuk jadilah aktivis partai dakwah, tetapi kembalilah ke Muhammadiyah. Artinya membawa manfaat dan maslahah bagi persyarikatan.
MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun tujuan diadakannya acara adalah ini adalah :
a.       Dengan disahkannya kepengurusan maka PC IPM Waru dapat segera merealisasikan program kerja yang akan direncanakan
b.       Melengkapi infentaris PC IPM Waru
c.       Memberikan wadah yang jelas bagi pelajar Muhammadiyah khususnya di daerah Waru
B.     TARGET DAN SASARAN.
C.     TARGET DAN SASARAN
a.       Tercapainya pelajar Muhammadiyah yang berintegritas tinggi.
b.       Lahirnya semangat baru untuk membangun khususnya interen Muhammadiyah dan umumnya dlam bermasyarakat.
D.     PENYELENGGARA.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang ikatan pelajar Muhammadiyah Waru Pamekasan. bekerjasama denga ikatan mahasiswa pamekasan universitas muhammadiyah malang.
E.      TEMA KEGIATAN
Refitalisasi Kemuhammadiyahan Ditengah Moderenisasi Zaman, Menuju Masyarakat Yang Beradap Guna Terwujudnya Akhlakul Karimah
F.      WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN.
Kegiatan pelantikan ini akan dilaksanakan pada :
1.       Hari                  : Sabtu
2.       Tanggal             : 20 Agustus 2011
3.       Waktu               : 15.00 – selesai
4.       Tempat             : Aula SD Plus Muhammadiyah 1 Waru
G.     SUSUNAN PANITIA.
Untuk mensukseskan kegiatan ini, dibentuk kepanitiaan dari pengurus BEM Fakultas Ekonomi Univ. Madura sebagaimana terlampir.
H.     ANGGARAN DAN SUMBER DANA.
Adapun sumber pendanaan Sumbangan pengurus PC IPM Waru, para donatur, serta sumbangan dana lain yang halal dan tidak mengikat. Sementara pengelolaannya sepenuhnya digunakan untuk mensukseskan kegiatan yang dimaksud. Adapun perincian anggaran dana sebagaimana terlampir.
I.        PENUTUP.
Semua ini merupakan wujud pengabdian kami untuk turut mewarnai dan memberikan nuansa dalam konstelasi bermasyarakat dengan limpahan rahmad dan berkah dari Allah SWT.
Demikian proposan ini kami buat dengan sebenar-benarnya, dan semoga dijadikan dasar pertimbangan dari seluruh pihak-pihak yang terkait.
                                                                                                            Pamekasan, 01 Agustus 2010
Ketua Pelaksana,
Azmy Syamlan
Sekretaris,
Dany Riady
                                               
Mengetahui,
Pimpinan Cabang
Muhammadiyah Waru,
Muhammad Syamlan
Pimpinan Cabang
IPM Waru,
Khaerul Fatah
Ketua Umum
IMAPASA UNMUH Malang,
S a l a m a n

Lampiran 1
SUSUNAN PANITIA
Steering Commite (SC)
:
Penasehat
:
PC Muhammadiyah Waru
PD IPM Pamekasan
Penanggung Jawab
:
PC IPM Waru
:
Ka. IMAPASA UNMUH Malang
Panitia Pelaksana (Organizing Commite) :
Ketua Pelaksana
:
Azmy Syamlan
Sekretaris
:
Dany Riady
Bendahara
:
Ghina Khonita
Seksi-seksi
Seksi Kesekretariatan
:
Ifratul Hasanah
Ahmad Ghazali
Seksi Acara
:
Rifkiyah
Salama Filzah
Seksi Perlengkapan
:
Andra Wibisono
Taufik
Zaki
Moh. Qawariri Azizi
Ridwan
Seksi Pubdekdok
:
Haikal Miknaf
Guntur kholiqi
Seksi Konsumsi
:
Uswatun Hasanah
Faridatul Hasanah
Seksi Pendanaan
:
Musfirah
Azida
Uswatun Hasanah
Ulfi

Lampiran 2
Estimasi Dana
I.      
Kesekretariatan
1.       Kertas HVS 1 rim
Rp
35.000
2.       Penggandaan Surat-menyurat & Proposal
Rp
200.000
Sub Total
Rp
235.000
II.    
Acara dan Kegiatan
1.       Operasional
Rp
200.000
Sub Total
Rp
200.000
III.  
Perlengkapan, Publikasi, Dekorasi & Dokumentasi
1.       Spanduk 2
Rp
300.000
2.       Transportasi Panitia
Rp
400.000
3.       Pembelian Komputer
Rp
2.000.000
4.       Pembelian printer
Rp
600.000
5.       Pembuatan Bendera
Rp
800.000
6.       Pembuatan Struktur
RP
100.000
7.       Pembuatan Papan Nama
Rp
200.000
Sub Total
Rp
4.250.000
IV.  
Konsumsi
1.       Soft drink, Snack & Lunch Undangan
Rp
600.000
2.       Soft drink & Snack Panitia
Rp
100.000
Sub Total
700.000
V.    
Lain-lain
Rp
200.000
TOTAL PENGELUARAN
Rp
5.585.000

Lampiran 3
SUSUNAN ACARA PELANTIKAN
08.00 – 09.00
Opening Ceremony
        Pembukaan.
        Prakata Panitia Pelaksana
        Sambutan-sambutan
a.       Sambutan PD Muhammadiyah Waru.
b.       Sambutan PD IPM Pamekasan.
09.00 – selesai
1.       Prosesi pelantikan
2.       Prakata ketua umum
3.       Istirahat
4.       Penutup sekaligus do’a