Blog Cossierandi ternyata dapat juga pengunjung dari luar negeri. Lihat Feedjit di sidebar kanan bawah. Tapi yang jadi masalah, bagaimana kalau pengunjung dari luar negeri tersebut tidak mengetahui bahasa yang saya gunakan ? Ada baiknya anda memasang Google Translate di blog berbahasa indonesia anda. Karena dengan adanya Google Translate, maka pengunjung dapat memilih bahasa yang mereka gunakan dan pastinya pengunjung tersebut tidak akan bosan berkunjung.
Bagaimana cara mudah memasang google translate di blog berbahasa indonesia anda ?
Berikut caranya :
1. Login ke Admin blog wordpress anda dengan memasukkan username dan password anda seperti biasanya.
2. Buka tab tampilan AppearanceWidget
3. Tambahkan Widget “text ke sidebar dari template yang anda gunakan, beri judul sesuai keinginan anda, misalnya “ Google Translate ” atau ” Menerjemahkan Isi Blog

4. Setelah itu, copy-paste script berikut ke box Widget “text tersebut :

<div id=”google_translate_element”></div><script>
function googleTranslateElementInit() {
new google.translate.TranslateElement({
pageLanguage: ‘id’
}, ‘google_translate_element’);
}
</script><script src=”http://translate.google.com/translate_a/element.js?cb=googleTranslateElementInit”></script>
5. Klik simpan (save)
Untuk blog dalam bahasa yang lain, silahkan kunjungi translate.google.com/translate_tools, pilih bahasanya, dan copy-paste scriptnya sesuai langkah di atas.
Cara mudah memasang google translate di blog berbahasa indonesia ini bisa juga dengan menggunakan plugin WordPress. Silakan search di Plugin dengan kata kunci ” translate “.
Ada juga cara memasang translate otomatis, jadi kalau diaktifkan, maka halaman anda akan otomatis berpindah ke bahasa sesuai dimana pengunjung atau visitor tersebut berada. Tapi jika pengunjung atau visitor berada di kebun binatang, jangan harap bahasa halaman blog anda berubah menjadi bahasa binatang lho ya….Wakakakaka….
Selamat mencobanya cuy